Shreya Ghoshal

Shreya3-1_8col

Penyanyi India yang paling sering mengisi soundtrack film Bollywood itu: Shreya Ghoshal dan Sonu Nigam.

Suara Shreya Ghoshal itu khas… dan dia bisa menyanyikan berbagai jenis dari lagu India, dari yang lembut sampai yang up beat.

Suaranya itu bisa melengking sempurna, tipis tapi nyampe ke tiap2 sudut dari nada musik.

Sekarang lagi suka lagi Shreya Ghoshal yang ini:

Gara2 nonton klip ini, jadi pengin nonton filmnya juga… ๐Ÿ˜

Taj Mahal: Kisah Cinta Abadi

Taj Mahal

Taj ~ Timeri N. Murari

Ada beberapa buku yg saya baca mengenai kisah Taj Mahal, tapi yg patut dibaca… adalah “Taj” oleh Timeri N. Murari.

Novel ini amat menyentuh dan dengan bahasa yg puitis, sehingga bener-benar membuat kita menghayati kisah cinta yg berlangsung antara Arjumand Banu dan Shah Jahan.

Arjumand pernah mendapatkan vision tentang Shah Jahan, sebelum bertemu dengannya di acara bazar istana. Di acara itu, gadis-gadis bisa melepaskan cadarnya untuk berjualan, sambil mencari pasangan. Shah Jahan pun merasa deja vu…, karna ia seperti pernah bertemu dg Arjumand sebelumnya. *salah satu pertanda jodoh?

Shah Jahan, berjumpa dengan Arjumand… dan mereka saling jatuh cinta dalam pandangan pertama. Bagi Shah Jahan, Arjumand berbeda dengan gadis-gadis lainnya, yang tidak memancarkan ketulusan.

Shah Jahan, sebagai pangeran… tidak bisa sembarangan menjalin kasih, apalagi dengan rakyat biasa.

“Jika saja aku ini bukan pangeran…,” kata Shah Jahan. “Jika Anda bukan pangeran, perasaanku tidak akan berkurang.” kata Arjumand.

Shah Jahan ingin menikahi Arjumand, tapi ia ditentang ayahnya. Karena ia diharuskan menikah dengan putri kerajaan lain, yang setara dengannya.

Ayahnya merasa muskil bagi anggota kerajaan, apalagi pewaris tahta untuk dapat menikah dengan gadis yang dipilihnya sendiri. Karena ia sendiri dulu pun, terpaksa menikah bukan karena cinta, tapi kepentingan politik.

Shah Jahan sudah dijodohkan dengan putri Persia, ia boleh menikahi Arjumand… tapi sebagai istri kedua. Shah Jahan menolak, ia ingin menjadikan Arjumand sebagai permaisurinya.

Karena itu, Shah Jahan terpaksa menyimpan hasrat hatinya untuk segera meminang Arjumand. Meski ia dilayani harem, namun yang tertancap di benaknya hanya Arjumand.

Ia meminta Arjumand menunggunya…

Shah Jahan akhirnya menikah dengan putri Persia, namun ia sama sekali tidak menyentuhnya. Oleh karena itu, ia tidak memperoleh keturunan darinya.

Arjumand bertemu Shah Jahan pada umur 14 tahun. Setelah 5 tahun berlalu, akhirnya Shah Jahan diperkenankan menikahi Arjumand.

Selama menikah dengan Arjumand, Shah Jahan tidak mau dilayani selir atau harem. Sehingga Arjumand hamil dan melahirkan berkali-kali… (hingga memiliki 14 anak). Itu memperlemah kondisi tubuhnya, apalagi ia selalu menemani Shah Jahan ke medan perang. *karena rahimnya rapuh, ia sampai pernah menggugurkan kandungan

Arjumand adalah ratu yang bersahaja dan pengasih. Hidupnya sederhana, dan tidak suka berfoya-foya seperti wanita istana lainnya.

She worked tirelessly among the poor. Sehingga ia tidak hanya dicintai Shah Jahan, tapi juga dicintai rakyatnya.

Ia digelari “Mumtaz Mahal”, yang berarti “the chosen one of the palace”.

Arjumand, akhirnya meninggal saat melahirkan anak terakhirnya. Ia berpesan pada suaminya, untuk membuatkan bangunan makam sebagai tanda cinta mereka, tidak menikah lagi, dan menjaga anak-anak mereka.

Arjumand meninggal terlalu muda, pada umur 38 tahun. Suaminya yang amat berduka, kabarnya sampai memutih rambutnya… dan menjadi bungkuk. Ia sering menangisi dan merindukan Arjumand.

Ia kemudian membangun Taj Mahal, sebagai tanda cintanya. Dibuat dengan batu-batu pualam dan bahan bangunan terbaik dari berbagai negara. Dibangun selama 22 tahun… (1631-1653), dan melibatkan 20.000 pekerja.

Arsitektur Taj Mahal dibuat agar dapat merefleksikan kecantikan Arjumand. Katanya Taj Mahal, dapat membiaskan warna yang beraneka dan berubah-rubah, tergantung waktunya. Pagi hari ia bersemu merah muda, siang hari putih bersinar, sore hari berwarna jingga keemasan dst. Hal ini melambangkan suasana hati wanita yang berubah-ubah.

Taj Mahal saat sunrise

Karena intrik politik, Shah Jahan di akhir hidupnya dikurung di benteng oleh anaknya sendiri. Ia menghitung hari-hari terakhirnya memandangi Taj Mahal dari jendela, sambil mengenang mendiang istrinya.

taj-mahal

kolam panjang di hadapan Taj Mahal

Tahukah kamu, kalau Taj Mahal dibangun sesuai dengan citra surga dalam Al-Qur’an? Surga kan digambarkan, memiliki sungai-sungai yang mengalir di bawahnya. Sehingga di depan bangunan Taj Mahal dihiasi dengan kolam panjang yang terhampar bagai sungai.

RAB NE BANA DI JODI: Aku Melihat Tuhan dalam Dirimu

Salah satu film India, yg saya lihat baru-baru ini dan mengharukan sekali.

Film ini berkisah ttg pengorbanan dan perjuangan seorang suami, untuk membuat istrinya jatuh cinta padanya.

Lho? Udah nikah, belum saling cinta?

Jadi, mereka ini menikah karena dijodohkan. Surinder adalah mantan murid ayah Taani. Ia bertamu, saat Taani hendak melangsungkan pernikahan. Tanpa dinyana, calon suami Taani yg dipilihnya sendiri karena cinta… (bukan melalui perjodohan) mengalami kecelakaan dalam perjalanan menuju tempat pernikahan.

Ayah Taani pun mengalami serangan jantung, karena syok.

Karena merasa ajalnya semakin mendekat, ayah Taani menitipkan anaknya pada Surinder. Ia menikahkan Taani dengan Surinder. Surinder mencintai Taani, tapi Taani belum merasakan cinta pada Surinder. Mana lagi ia masih berduka, karena kepergian dua orang yang dikasihinya sekaligus: calon suami dan ayahnya.

Surinder membawa Taani ke rumahnya, tapi mereka tinggal dan tidur terpisah ruangan. Surinder tidak memaksakan Taani mencintainya, ia hanya berusaha agar Taani bahagia dan tersenyum. Karena ia menjadi murung, dan tidak bergairah hidup… Taani juga berkata, ia belum sanggup membuka hati untuk siapa pun.

Suatu waktu Taani, melihat ada brosur tentang lomba pasangan dansa. Ia berminat mendaftar, dan meminta izin pada Surinder. Surinder mengizinkannya, karena ingin Taani bahagia.

Surinder yang ingin menguntit kegiatan Taani, berdandan seperti cowok macho dan cool… agar bisa bergabung dalam kelompok penari itu.

Tanpa diduga, ia yang ingin menghindari Taani… malah akhirnya dipasangkan dengan Taani, melalui pengundian.

Surinder di rumah dan di kantor adalah orang nerd, pemalu dan ga gaul. Jadi Taani tidak bisa mengenali suaminya sendiri dalam dandanan yg gaul, dan gaya yang flirty.

Surinder mengaku bahwa namanya adalah “Raj”, dan mereka pun semakin dekat. Kadang2 Raj menggoda Taani, tapi Taani selalu marah bila ia mulai ganjen.

Surinder mulai bimbang, dan ia sedih bila mengingat Taani sepertinya lebih mencintai sosok “Raj” bukannya dirinya sebagai seorang Surinder.

Pernah ia berusaha menyerah dan mundur sebagai pasangan dansa Taani, namun ternyata Tuhan belum mengizinkan. Taani justru datang sendiri, dan mengajaknya kembali menjadi partner dansa.

Surinder mengetes perasaan Taani…, sebagai “Raj” ia menyatakan cinta pada Taani dan mengajak Taani kabur, meski Taani sudah bersuami.

Antara hancur, dan bahagia… perasaan Surinder. Taani meski mengaku cinta juga sama “Raj”, tapi ia tidak bisa meninggalkan suaminya, Surinder.

Surinder bertekad membongkar penyamarannya, ia tidak mau lagi berpura2 menjadi “Raj”. Ia ingin Taani mencintainya sebagai Surinder bukan sebagai “Raj”.

Di hari perlombaan, dengan dandanan aslinya yg geek… Surinder mengejutkan Taani, saat ia ternyata hafal semua gerakan tarinya dengan “Raj”.

Pelan-pelan Taani sadar…, betapa Surinder mencintainya. Sampai rela berpura-pura menjadi orang lain, demi melihat Taani bahagia.

————————

Bagus2 juga soundtrack film ini…., bikin sedih dan inget film ini lagi klo aku ndengerin lagunya.

Kenapa aku suka film India? Krn org2 India itu ga pernah main2 dg kata “cinta”. Menurutku India adalah negara yg penduduknya romantis, dan menjadikan cinta sbg salah satu spirit hidupnya. Bayangkan saja, sampai tercipta salah satu dari 7 keajaiban dunia di sana… krn kisah cinta. Keajaiban dunia lainnya, kan… biasanya bangunan sbg alat ibadah, seperti Borobudur. Atau karena perintah penguasa, seperti Tembok Besar Cina.

Klo pingin tahu bagaimana “cinta” itu, tontonlah film India!

Qawwali

Qawwali adalah seni musik Sufi yg berisi puji-pujian dan syair Islam, dan kental dengan nuansa spiritualisme.

Seni musik ini populer di Asia Selatan seperti India dan Pakistan.

Qawwali adalah salah satu genre musik yg saya gemari dari musik India.

Beberapa lagu bernuansa sufistik yg saya suka…

“Khwaja Mere Khwaja” adalah salah satu soundtrack film “Jodhaa Akbar”, yg dinyanyikan oleh A.R. Rahman.

Scene tersebut adalah saat kaum darwis memberi persembahan sebagai hadiah pernikahan Jodhaa dan Akbar.

“Kun Faya Kun” adalah soundtrack film “Rockstar”, yg saya sendiri jg blm nonton. Tapi dr klip ini keliatan artistik bgt filmnya.

Musisi India Favoritku: Arijit Singh

Penyanyi India satu ini sebenarnya angkatan termuda dari musisi India yg aku kagumi.

Dulu penyanyi India favoritku, yang secara rutin kucari klo lagi pengen denger lagu India baru dan biasanya lagunya pancen oye itu… lagu-lagu Shreya Ghoshal, Sonu Nigam dan Javed Ali. Lagu-lagu mereka, dijamin nyaman dan enak untuk didenger kupingku.

Sekarang, ada penyanyi baru yg kugemari: Arijit Singh

Arijit Singh

Ia berangkat dari kontestan reality show ajang pencarian bakat. Dan sekarang mulai banyak menjadi langganan untuk menyanyikan lagu-lagu soundtrack film Bollywood.

Coba deh denger lagu di bawah ini, menghanyutkan…

Tipe suaranya itu cocok untuk lagu-lagu yg romantis, nyentuh hati banget suaranya…

Musisi India Favoritku: A.R. Rahman

Saya merupakan fans berat musik India, dan di bawah ini adalah beberapa musisi India yang saya sukai:

A. R. Rahman

Entah mulai kapan saya menyukai musiknya, klo ga salah mungkin setelah nonton film “Jodhaa Akbar“. Di mana ia menjadi composer untuk soundtrack-nya.

Ia adalah mualaf yang menganut aliran sufistik, yang berpengaruh pada karya-karyanya.

4180490.cms

Ia adalah musisi pertama India yang mendapatkan Oscar untuk soundtrack film Slumdog Millionaire, dan mendapatkan julukan “The Mozart of Madras”.

Kapan nih, Indonesia pya musisi kelas Oscar yg diakui dunia? #wondering

Salah satu soundtrack film “Slumdog Millionaire”…

Karya-karyanya megah. Dia bisa menyanyi…, walau lebih sering menciptakan lagu untuk orang lain, dan sering mengerjakan proyek soundtrack film-film Bollywood. Termasuk lagu “Chaiya Chaiya” yang heboh karena Norman Kamaru, adalah salah satu karyanya.

Hampir semua karyanya saya suka, kecuali yang agak lawas 90-an karena kesannya musik jadul. Saya lebih suka karya-karyanya di atas tahun 2000-an karena lebih modern, dan kadang dicampur dengan techno music.

Favorit saya, adalah semua soundtrack film “Jodhaa Akbar” terutama Jashn-e-Bahara yg romantis banget…

Paling suka dengan lagu patriotik India yang berjudul “Maa Tujhe Salaam”.

Lagu ini terdengar megah dan membangun jiwa.

Lagu India itu kenapa ya terasa berbeda dg musik lainnya?

Kedalaman spiritualnya terasa.

Seolah kita bisa mengerti makna lagunya dari irama musiknya, meski tdk mengerti bahasanya.

Dengerin musik India itu bagus bwt kesehatan jiwa, dan mengasah kecerdasan musikal. Karena musik India itu sophisticated dan one of a kind.

Kapan ya dia ke Indonesia? Pgn nonton konsernya. #wishes

Musisi India lain yang saya sukai adalah:

  • Shreya Ghoshal
  • Sonu Nigam
  • Javed Ali, dan
  • Arijit Singh

Tapi sy bahas mereka di posting berikutnya aja, yah…

HUMKO TUMSE PYAAR HAI: Love Cannot Lie

humko-tumse-pyaar-hai

Film ini adalah salah satu film India favoritku, yang menurutku romantis banget.

Durga (Amisha Patel) adalah seorang gadis buta yang cantik, ahli dalam membuat patung. Suatu saat ia nyaris jatuh ke jurang, karena kereta yang didorong adiknya lepas kendali. Seorang pemuda tampan menolongnya, Rohit (Arjun Rampal). Ia tidak memperkenalkan namanya, ia hanya meminta Durga memanggilnya Babu (“tuan”). Mereka berdua kemudian menjalin hubungan cinta. Meski Durga tidak dapat melihat wajah kekasihnya itu, tapi ia dapat membayangkan bentuk wajah Babu dengan meraba wajahnya, kemudian ia membuat patung yang serupa wajah Babu.

Durga ingin sekali dapat melihat wajah Babu, oleh karena itu Babu mengajaknya menemui Dokter Spesialis Mata, Dr. R.K. Prasad, untuk memperoleh tindakan operasi mata.

Saat Babu sedang mempersiapkan pernikahan dan rumah baru untuk mereka tinggali, ia diserang gerombolan penjahat yang mengincar Durga menjadi istrinya. Durga mampu melihat kembali, tapi ia begitu sedih dan ingin bunuh diri mengetahui kabar bahwa kekasihnya tewas. Dr. Prasad mengangkatnya sebagai anaknya sendiri, dan mengajaknya ke Swiss untuk menghibur Durga dan membangkitkan semangat hidupnya lagi.

Di Swiss, Durga berjumpa dengan Raj (Bobby Deol), seorang pemuda kaya raya yang juga sedang mengalami kesedihan. Raj menaruh perhatian pada Durga. Ia mengatakan pada Durga, bahwa bukan hanya dia saja yang menyimpan kesedihan, ia pun tengah berduka karena kehilangan sahabat kecilnya, yang ternyata adalah Rohit a.k.a. Babu. Akan tetapi Durga tidak menyadarinya saat melihat foto Raj dengan Rohit, karena ia tidak pernah melihat wajah Babu.

Durga pun setuju bertunangan dengan Raj. Saat itu Raj mendapat kabar bahwa Rohit ditemukan, ia sangat bahagia dan mengenalkannya pada Durga. Rohit sedih sekali, melihat kekasihnya akan menikah dengan sahabatnya. Rohit berusaha menghindari Durga dan berpura-pura tidak mengenalinya. Akan tetapi, walau tidak pernah mengetahui rupa Babu, Durga mampu mengenali lewat suaranya.

Dan saat Durga, tidak sengaja memegang wajah Rohit, ia ingat betul lekuk wajahnya, kemudian ia membuat kembali patung Babu berdasarkan ingatannya yang dulu. Rohit tidak bisa menyangkal lagi, tapi ia berpesan pada Durga agar mengingkari hubungan mereka, karena tidak ingin hati sahabatnya, Raj, hancur.

Dengan penuh kesedihan, Durga melanjutkan prosesi pernikahan. Dr. Prasad tidak tega melihat kedua kekasih itu patah hati. Ia kemudian memberitahukannya pada Raj, yang memiliki cara sendiri agar Durga dan Rohit mengaku bahwa mereka adalah sepasang kekasih.

Untuk menikmati film India, kita tak perlu mengandalkan logika, yang penting nikmati aja alur cerita dan emosinya. Bagaimana penjahat tiba-tiba bisa muncul dalam hidup Durga, dan kemudian lenyap lagi tanpa cerita. Bagaimana tokoh yang diduga telah tiada, eh kok bisa hidup kembali? Mirip sinetron Indonesia, banyak adegan danย  jalan cerita yang gak masuk akal…

Kesampingkan saja hal-hal tersebut, karena romantisme yang dibangun antara Durga dan Babu amat sangat menyesakkan jiwa. Chemistry mereka dapet banget! Ga kuat liat ekspresi Rohit, yang nyaris menangis melihat Durga kekasihnya, begitu berjumpa lagi malah akan menikah dengan orang lain, apalagi sahabatnya sendiri… *hiks

Scene wanita menangis itu biasa, tapi melihat lelaki harus menahan perasaan dan menyeka air matanya diam-diam, itu bikin terharu banget…

Ah, pokoknya aku nangis bombay nonton film ini! Dan satu lagi, Arjun Rampal ganteng bgt… ๐Ÿ˜‰

JODHAA AKBAR: Most Romantic Movie

Jodhaa Akbar

“You know how to wage war and conquer. But do not know how to rule.”
– Jodhaa Bai

Film ini adalah film kolosal yang lengkap. Dari segi jalan cerita, musikalitas, kostum dan setting yang berada di bangunan-bangunan dengan arsitektur indah peninggalan kerajaan masa lampau di India.

Dinasti Mughal yang dipimpin Maharaja Jalaluddin Mohammad (Hrithik Roshan) hendak menyatukan wilayah Hindustan dalam kekuasaan Mughal. Kerajaan yang menolak akan diserang.

Jalal memiliki sifat welas asih. Ia menerima aliansi politik dengan Kerajaan Amer -klan Rajput- untuk menghindari pertumpahan darah, melalui pernikahan dengan Jodhaa Bai (Aishwarya Rai) putri Raja Bharmal dari Kerajaan Amer.

Jodhaa mulanya menolak, karena ia beragama Hindu, sedang Jalal beragama Islam. Ia mengajukan dua syarat, yaitu diizinkan tetap mempertahankan agama dan tradisinya, dan meminta didirikan kuil dalam tempat tinggalnya.

Jodhaa adalah putri yang keras kepala dan punya harga diri yang tinggi. Ia tidak mau disentuh Jalal pada malam pertama. Hatinya belum rela. Jalal pun tidak memaksanya, bahkan ia memberikan opsi pada Jodhaa bila ingin meng-khula-nya (mengajukan cerai). Tapi dalam agama Jodhaa, pernikahan adalah ikatan untuk selamanya.

Menurutku sifat Jodhaa yang satu ini manusiawi sekali. Sekalipun dijodohkan ia tidak langsung menyerahkan diri. Butuh proses saling mengenal dan mencintai.

Di istana Jodhaa menghadapi intrik politik dan fitnah dari Maham Anga, pengasuh Jalal yang juga seorang menteri. Ketika terbukti Jodhaa tidak bersalah, Jalal menjemputnya untuk kembali ke istana. Akan tetapi Jodhaa ingin memberi pelajaran pada Jalal dahulu, agar tidak hanya mampu menaklukkan tapi juga mampu memenangkan hati rakyatnya.

Setelah Jalal berhasil melakukannya, ia mendapat gelar “Akbar” dari rakyatnya.

Perempuan dalam film ini memegang peranan penting, Maham Anga yang jahat tapi punya pengaruh dan Jodhaa yang mampu mendidik Akbar bagaimana memerintah rakyatnya.

Film ini berbeda dari film India kebanyakan. Musik dan tarian ada, tapi tidak banyak dan sesuai dengan jalan cerita. Sehingga membuat kita semakin menghayati adegan-adegan yang berlangsung.

Film ini film paling romantis yang pernah kutonton.

Film ini adalah film yang tidak membosankan untuk ditonton berulang-ulang. Banyak adegan-adegan yang berkesan.

Di bawah ini scene favorit saya, saat Jodhaa dan Akbar mulai jatuh cinta…

Beberapa scene lain yang berkesan:

  • Saat Maham Anga menekan Jodhaa untuk mencicipi sendiri dahulu makanan yang ia siapkan untuk Akbar, karena Maham Anga menuduh bahwa makanan itu mungkin mengandung racun. Akbar dengan tanpa ragu, mencoba makanan itu sendiri dan membuktikan bahwa makanan itu tidak beracun, untuk membela Jodhaa.
  • Saat Akbar sedang berlatih, dan Jodhaa diam-diam mengamati dan mengagumi Akbar dari balik jendela.
  • Saat Jodhaa menarik tirai untuk menghalangi Akbar mendekatinya,,
  • Saat Jodhaa dan Akbar bertarung pedang satu lawan satu.
  • Saat Jodhaa yang mulai mencintai Akbar, sampai rela belajar membuat kaligrafi tulisan nama Akbar.

Menurutku film ini adalah mahakarya seni.

————————

*Traffic ke posting ini meningkat semenjak ditayangkannya drama seri Jodha Akbar di ANTV. Tapi perlu saya informasikan, bahwa yang saya buat resensinya ini adalah versi film dari kisah “Jodhaa Akbar” yang dirilis tahun 2008, dan merupakan karya sutradara Ashutosh Gowariker yang dibintangi oleh Hrithik Roshan dan Aishwarya Rai. Yg menurut saya, jauh lebih bagus dari versi drama seri yg sekarang tayang… Dan terutama saya suka soundtrack-nya yg digarap A.R. Rahman, yg berhasil membangun suasana yg romantis… wardrobe dan setting lokasinya jg ciamik bgt!