Lentera Timur

Lentera Timur adalah album Melayu dari Siti Nurhaliza yang saya sukai setelah album Sanggar Mustika.

Tiga lagu yang paling saya sukai adalah “Seloka Budi”, “Senyum Minang Manis” dan “Bintang Malam”.

Ada juga lagu yang dibuat oleh Katon Bagaskara, yakni “Cinta Ini”… tapi menurutku nuansanya tidak terlalu Melayu

Sementara lagu “Senyum Minang Manis”, Padang banget

akhir-akhir ini lagi seneng muter lagu ini:

Paling suka lagu ini…

Lagu ini kontemplatif banget,, dan cocok untuk menggambarkan situasi saat ini. Dimana remaja sering mengalami perlakuan yang diskriminatif… dan masalah insecurity

Pertama denger versi Celine Dion, ternyata setelah browsing… baru tau klo lagu ini adalah lagu jadul, yang dibuat oleh Janis Ian pada tahun 1975.

Kenapa lagu jadul itu malah banyak yg bagus-bagus ya?

Sakit & Ujian

Berbagai ujian yang bertubi kadang melemahkan kaki kita… kita butuh penguat dan visi yang kuat untuk menghadapi segala ujian yang datang.

Aku sering mengalami sakit, kadang-kadang pernah berpikir ingin punya suami dokter… supaya bisa ngerawat aku dengan tepat dan ada tempat konsultasi tentang kesehatan.

Ini adalah nasyid yang paling aku sukai,, saat butuh penguat & penyemangat… apalagi saat sedang banyak kesulitan:

Nasyid

Nasyid adalah salah satu genre musik yang beraliran dakwah Islam…

Genre ini populer di kalangan remaja masjid atau klo di dunia kuliah, adalah jenis lagu yang dinikmati oleh para aktivis dakwah kampus… di samping kegemaran mereka untuk menyimak murottal

Ini contoh lagu beraliran nasyid:

Pas zaman kuliah dulu, karena aku udah mulai religius nih… aku jarang ndengerin lagu-lagu sekuler, ya lagu2 macem ini yg aku nikmatin. Saking waktu itu mgkn terlalu fanatik, pernah sampe lagu2 sekuler itu satu folder aku apus semua. Tapi mungkin karena besarnya dengan lagu-lagu sekuler… tetap, tdk bisa meninggalkan sepenuhnya

*krn klo tll fanatik kan juga ga bagus, harus imbang

Grand Klakustik

Awalnya aku ga kenal Kla Project,, paling taunya lagu “Tak Bisa ke Lain Hati” dan “Yogyakarta”…

Gara-gara ga sengaja beli CD Konser Grand Klakustik di Indomaret, jadi suka… dan cari tau lagu-lagu lainnya.

Grand Klakustik

Aku memang penggemar versi live concert daripada yang playback, karena kerasa banget ‘hidup’… musik & interaksi dengan penontonnya. [berasa nonton langsung]

Jadi kenal beberapa lagu lain…

Aku suka: “Dekadensi” & “Kidung Mesra”, juga “Mana Kutahu”

Kenapa ya cuma CD audio pas konser yang beredar? Padahal aku suka koleksi DVD konser

SAVAGE GARDEN

zaman ABG dulu suka banget Savage Garden, terutama lagu “The Animal Song”…

yang aku suka adalah liriknya yang thoughtful & humanis:

When superstars and cannon balls are runnin’ through your head
And television freak show, cops and robbers everywhere

Animals and children tell the truth, they never lie
Which one is more human
There’s a thought, now you decide

Billy Joel

Saya bukan penggemar lagu-lagu oldies, 70-an, atau 80-an… karena tidak besar di era tersebut, dan tidak mengenal lagu-lagunya. Tapi karena saya sering iseng browsing lagu-lagu secara random, untuk mengenal lagu-lagu yang tidak sedang populer atau lagu-lagu yang telah lama beredar namun saya belum kenal.

Karena prinsip saya: yang penting lagunya bagus… meski saya ga kenal penyanyinya

Akhirnya saya sering nemu lagu-lagu oldies yang bagus & kenal dengan beberapa penyanyinya. Dari situ saya suka telusuri biografinya di Wikipedia, ngeliat-liat diskografinya dan nyari tau lagu-lagu lainnya yang bagus juga; dari penyanyi yang sama. Meski saya cuma sekedar ingin tahu, ga benar-benar menguasai riwayat dari karir musik & album2nya.

Karena, kalau pas nemu lagu yang bagus & berkarakter dari seorang penyanyi… biasanya lagu-lagu lainnya juga bagus

Kayak Billy Joel ini, aku ga terlalu kenal… soalnya termasuk musisi senior; Aku taunya musik era 90-an, pas aku remaja… yang rata-rata boyband & girlband. Aku pernah denger dikit tentang dia, karena Westlife nge-remake lagu Uptown Girl.

Aku pikir musisi jadul, paling lagu-lagunya mbosenin

Ga taunya pas aku nemu lagu She’s Always A Woman… wah, ga nyangka bagus banget! (liriknya termasuk rumit & kekinian, ga jadul)

Lagu ini katanya dia ciptakan buat istrinya (saat itu), Elizabeth Weber, yang sekaligus memanajeri karir Billy Joel

Aku paling ngefans sama dia ini, karena pembuat lirik yang bagus. Dia kayak numpahin isi pikirannya dalam lirik lagu yang dia buat. Beberapa opininya atas fenomena sosial yang terjadi di sekelilingnya, ia tuangkan dalam bentuk lagu.

Seperti dalam lagu lainnya yang saya suka dari dia… Modern Woman