Selokan Mataram

Beberapa waktu lalu, aku sempet baca artikel tentang asal mula Selokan Mataram. ternyata bersejarah banget…, ga nyangka. padahal itu jalan yang aku susuri setiap hari klo berangkat kuliah.

Kisah tentang pemimpin yang memikirkan rakyat yang dipimpinnya.

Saat zaman penjajahan Jepang, dan diterapkan Romusha. Sri Sultan Hamengku Buwono IX dengan cerdiknya, mengalihkan perintah Jepang itu, sehingga rakyatnya selamat dari kekejaman Romusha.

Ia merayu Jepang agar lebih baik rakyat diperintahkan membangun saluran irigasi saja. Agar persawahan di daerah Yogyakarta yang gersang dan merupakan sawah tadah hujan bisa terairi dan menghasilkan lebih banyak kebutuhan logistik tentara Jepang.

menurutku itu cerdas banget…, ia tidak secara frontal menentang Jepang. tapi dengan cara jitu & tepat sasaran, bisa memperoleh 2 hasil: rakyat selamat & saluran irigasi yang bermanfaat.

Selokan Mataram adalah kanal irigasi menghubungkan sungai Progo di arah barat dan sungai Opak di bagian timur Jogjakarta. Total aliran irigasi ini membentang sejauh 30-an kilometer.

Ide itu juga terilhami dari perkataan Sunan Kalijaga, bahwa bumi Mataram akan subur dan rakyatnya sejahtera jika Sungai Progo dan Sungai Opak bisa saling terhubung.

source:
Selokan Mataram
Sejarah Dibangunnya Selokan Mataram Jogja
Selokan Mataram yang Menyelamatkan Yogyakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s