Terpesona dengan Masjid Gedhe Kauman

20160813_191229

Hari Sabtu, tanggal 13 Agustus kemaren… karena ada waktu luang, aku berkunjung ke rumah saudara sepupuku di Bantul. Sepulangnya dari sana sekitar maghrib, aku menuju alun-alun kidul… karena pgn liat, katanya ada festival. Tapi aku sekedar lewat doang, trus menyusuri jalan lewat Ngasem dan kemudian, seperti pesen Mba Bety (sepupuku tadi)… klo lewat sekitar keraton bisa mampir tuh, ke Masjid Gedhe Kauman

Aku sering lewat di depannya, tapi baru kali ini mampir…

Indah banget tyt interiornya, dan suasananya khusyuk banget. Aku sholat Isya di sana, dan di pelataran masjid aku liat ada panggung untuk Festival Shalawat yang diadakan tanggal 14 Agustus keesokan harinya.

Esoknya, karena pingin liat Festival Shalawat… aku ke sana lagi, dan sempet ikutan sholat Isya berjamaah. Lebih banyak nenek-nenek/ibu-ibu yang sudah tua yang sholat jamaah di barisan shaf wanita. Aku sampe berpikir, ini generasi mudanya kemana ya?

Seperti yang kulihat di film “Sang Pencerah”, ternyata emang bener ya… kiblat masjid ini dibetulkan oleh K.H. Ahmad Dahlan.

Dapat dilihat dengan jelas dari pagar pembatas shaf wanita dengan pria yang berupa diagonal yang melintang, bukan sejajar/horisontal seperti kebanyakan masjid lain.

Dan, satu hal yang berkesan banget. Ada satu aturan dalam shalat berjamaah yang tidak pernah aku lihat diterapkan, namun di sini diterapkan: shaf wanita diisi yang paling belakang dulu.

Yang bener khan, emang begitu… anak-anak di depan, dan sebaik2nya shaf buat wanita itu yang di belakang. Jadi yang diisi barisan belakang dulu

Beda dengan aturan untuk shaf laki2

Tapi aturan semacam ini, saya tidak pernah melihat hal tersebut diterapkan. Baru di masjid ini saya lihat spt itu… *dan itu bagus, berarti menunjukkan keseriusan

Trus, selesai sholat… aku nungguin tuh, Festival Shalawat-nya dimulai. Katanya abis Isya, tapi lama banget aku tungguin belum mulai2. *masih persiapan… trus kulihat jam udah menunjukkan jam 8 malam. Wah, ga bisa nih aku ikutan. Karena badan udah lelah, waktunya istirahat… ga enak juga klo pulang kos malem2 dan besok juga mau kuliah. Jadi, aku pulang deh..

Leave a Reply

