Seni

105_3359.jpg

Saya sangat suka buku “Insan Kamil: Konsepsi Manusia Menurut Islam” yang saya temukan di perpustakaan pribadi milik almarhum Prof. Doddy Achdiat Tisna Amidjaja, mantan rektor ITB.

~~~~~~~~~

Dulu, semasa ngelanjutin kuliah ekstensi S1 dari D3… karena ga terlalu sibuk

(kuliahnya malam doang, sementara aku sudah ga ikutan organisasi & ga sambil kerja juga)

Aku jadi nelusurin hampir semua perpustakaan di Bandung, mulai dari Perpustakaan Daerah Jawa Barat di Jl. Soekarno Hatta (skrg sudah pindah lokasi) sampe Perpustakaan PUSDAI di pusat kota.

Salah satu perpustakaan yang tidak sengaja saya temukan adalah perpustakaan milik Prof. Doddy, yang berdiri di rumah pribadinya di seputaran Buah Batu. jadi rumah tinggal yang masih ditempati istrinya, dibuka untuk umum… (di bagian perpustakaan & halaman belakangnya)

Dan itu bukunya… bagus-bagus!! kebanyakan buku lawas dan langka

Tidak seperti perpustakaan lain yang mungkin harus kita telusuri satu persatu, untuk menemukan buku yang menarik. Dalam perpustakaan ini sudah terhimpun buku-buku yang hampir semuanya bagus dan merupakan buku penting.

Aku nemu buku “Bung Karno Masa Muda” di perpustakaan ini… kertasnya udah coklat-coklat, buku tua bangett. dan di halaman depan ada tanda tangan dan tulisan Ajib Rosidi (jadi buku tersebut adalah pemberian untuk sahabatnya, Prof. Doddy)

Sekarang perpustakaan ini sudah digabungkan dengan Perpustakaan ITB

Awalnya aku ga tau klo beliau adalah mantan rektor ITB, baru tau setelah browsing dan baca buku biografinya yang tersedia dalam perpustakaan tersebut.

Beliau juga pernah jadi peneliti di LIPI, dan berhubung aku juga suka baca buku biografinya Habibie… ga sengaja aku nemuin fakta, klo beliau juga pernah jadi guru SMA Habibie. 😮

~~~~~~~~~

Balik lagi ke buku “Insan Kamil: Konsepsi Manusia Menurut Islam”

Saking sukanya dengan buku ini, sampe aku fotokopi… walau cuma beberapa halaman yang penting.

Buku tersebut berisi esai-esai dari beberapa cendekiawan Indonesia, mengenai filsafat manusia menurut beberapa tokoh di dunia pemikiran Islam.

Di bawah ini salah satu ulasan yang menarik buat saya:

Manusia yang ideal menggunakan seni tidak untuk memuaskan kesenangan, lupa diri dan kemewahan yang menghabiskan banyak sumber daya energi. Tidak juga menggunakan seni untuk tujuan-tujuan pemuasan hawa nafsu, kepentingan politik, atau kepentingan ekonomi. Seni merupakan anugerah Tuhan yang diberikan oleh Tuhan kepada khalifahnya di bumi untuk menjadikan bumi ini sebagai surga, penuh keindahan, dan kebahagiaan. Ia merupakan kreativitas untuk menciptakan kehidupan yang baru, dunia baru, dan masa depan yang lebih cemerlang.
– “Manusia dalam Perspektif Humanisme Agama: Pandangan Ali Shari’ati” oleh Hadimulyo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s