Kekuasaan

Satu waktu, ketika penguasa besar Prancis Napoleon Bonaparte berada di puncak kekuasaannya, ia pernah menyampaikan orasi dengan berapi-api di hadapan rakyatnya. Seluruh rakyat yang hadir saat itu terkesima dan takjub dengan kehebatan propaganda Napoleon sehingga nyaris semua yang hadir menyanjung, memuja, dan mengelu-elukan sang penguasa tersebut dengan sangat histeris.

Si penasihat yang berdiri di samping Napoleon berkata: “Lihatlah Paduka Yang Mulia, seluruh rakyat merasa sangat kagum dan begitu mengagungkan kebesaran diri Anda sebagai penguasa mereka. Mereka amat membanggakan kebesaran Paduka sebagai satu-satunya penguasa besar mereka.”

Namun Napoleon menjawab dengan tenang, “Di tampuk kekuasaanku ini, aku memang selalu di puja-puja. Namun kelak saat kemenangan ini terlepas dari genggaman tanganku, saat kerapuhan mulai menyapaku, dan tatkala penguasa baru menggulingkan tahta kebesaranku, mereka semua akan mencibir, mencaci maki, dan memuntahkan sumpah serapah sebagaimana yang telah terjadi pada para penguasa sebelumku.”

~~~~~~~~~

Kekuasaan selaras dengan kejayaan, atau masa-masa jaya.

Sebagaimana masa jaya selalu dipergilirkan dengan masa kejatuhan, maka akan selalu meninggalkan pelajaran buat kita:

Siapa-siapa saja sahabat sejati yang senantiasa ada, baik kita susah maupun kita jaya.

Siapa-siapa orang yang tulus dan tanpa pamrih bersama kita, dan siapa saja yang hanya mencari keuntungan dari relasinya dengan kita.

~~~~~~~~~

Identifikasikan teman-teman sejatimu segera… hargai mereka, dan tidak usah terlalu ambil pusing dengan orang-orang yang tidak setia atau yang hanya mencari keuntungan darimu.

Don’t waste your time with unimportant people.

source:
Sahabat Sejati atau Palsu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s