KEN DEDES: Perempuan Nareswari yang Menurunkan Raja-raja Jawa

Arca Prajnaparamita yang dianggap mewakili kecantikan Ken Dedes

Arca Prajnaparamita yang dianggap mewakili kecantikan Ken Dedes

Aku kurang menguasai sejarah Indonesia di jaman kerajaan dulu…, tapi tokoh Ken Dedes ini istimewa banget. Dan aku jadi ingin mendokumentasikan tentang dia dalam blog-ku ini.

Ken Dedes adalah pemeluk Buddha yang taat, ia adalah putri dari pendeta Buddha bernama Mpu Purwa. Ken Dedes dikenal sebagai wanita nareswari, yakni wanita yang utama… Ia selama hidupnya tercatat nglakoni karma amandangi yang artinya bertingkah laku sempurna, tanpa cela dan salah langkah.

Karena keistimewaannya ia diperebutkan pria-pria, pertama Tunggul Ametung… akuwu Tumapel yang menculiknya karena tidak sabaran menunggu ayah Ken Dedes, Mpu Purwa yang sedang bertapa. Kemudian Ken Arok…

Ken Arok adalah pemuda berandalan yang bekerja sebagai pengawal kerajaan. Ia tanpa sengaja melihat betis Ken Dedes tersingkap dan mengeluarkan cahaya. Ia lantas berkonsultasi dengan penasehat spiritualnya, Lohgawe. Menurut Lohgawe, hal tersebut menandakan bahwa Ken Dedes adalah wanita nareswari atau yang paling utama. Di mana barangsiapa yang memperistrinya akan menjadi maharaja, meskipun ia seorang pendosa. Juga akan menurunkan raja-raja besar di Jawa.

Tertarik dengan ramalan tersebut, Ken Arok berusaha mendapatkan Ken Dedes. Ia memesan keris Mpu Gandring, untuk membunuh Tunggul Ametung. Dengan kelihaiannya, Ken Arok dapat memperoleh tahta Tunggul Ametung, sekaligus memperistri Ken Dedes.

Raja-raja Majapahit adalah keturunan Ken Dedes, seperti Raden Wijaya dan Hayam Wuruk. Juga raja-raja dari kerajaan Demak, Pajang, Mataram, hingga Kesultanan Jogjakarta dan Kasunanan Surakarta yang masih ada hingga saat ini.

Setelah membaca berbagai artikel tentangnya, menurutku Ken Dedes menjadi wanita nareswari… karena ikhtiarnya untuk selalu dekat dengan Sang Pencipta. Ia menjaga akhlaknya, menempa dirinya agar rendah hati, bertingkah laku mulia dan tidak sombong dengan kecantikannya.

source:
Ken Dedes, Wanita Utama dari Desa Panawijen
Ideologi Masyarakat Jawa yang Terkandung dalam Mitos Keutamaan Ken Dedes
Ken Dedes, Wanita Terbesar di Tanah Jawa
Mengenal lebih dekat Ken Dedes, sang permaisuri kerajaan Singasari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s