Pathological Liar

Dalam dunia psikologi ada yang disebut pathological lying atau mythomania. Di mana pelakunya disebut pathological liar.

Ini adalah sebuah gangguan kejiwaan di mana pengidapnya akan melakukan kebohongan terus-menerus. Pelakunya memiliki kebiasaan berbohong, tanpa perasaan bersalah melakukannya.

Beberapa penjelasan ttg pathological liar atau pembohong kronis:

Orang ini mungkin benar-benar tidak berpegang pada kenyataan, percaya kebohongannya sendiri, sering kali dalam upaya untuk menaikkan penghargaan terhadap dirinya yang rendah. Tidak seperti orang yang berbohong di sana-sini, atau sedikit melebih-lebihkan kebenaran sesekali, pembohong patologis ini berbohong akan setiap aspek di hidupnya.

Pada dasarnya, pembohong patologis adalah seseorang yang terbiasa berbohong secara kronis dan kompulsif atau memaksa. Orang ini terbiasa mengarang berbagai alasan dan akhirnya, kebenaran menjadi tidak nyaman baginya sedangkan merekayasa kebohongan besar terasa seperti hal yang benar.

Penghargaan diri yang rendah adalah salah satu alasan terbesar mengapa orang menjadi pembohong patologis. Apakah mereka sadar dan mengakuinya atau tidak, pembohong patologis merasa bahwa ia tidak cukup penting sehingga mereka harus membuat suatu prestasi atau acara untuk memosisikan diri sehingga merasa lebih pantas dan layak.

Hal yang paling ditakuti pembohong patologis adalah tertangkap karena menceritakan kebohongan. Biasanya orang ini akan menjadi sangat defensif, melakukan apa pun yang dia bisa untuk mengalihkan kesalahan pada orang lain. Dan dengan cepat merekayasa kebohongan lain untuk menutupi kebohongan yang ada.

Pembohong patologis adalah orang yang biasanya tidak hidup dalam realitas dan mengalami kesulitan mempertahankan konsistensi dalam hidupnya.

Seorang pembohong pada umumnya akan kehilangan kemampuan untuk membedakan kebohongan dari kenyataan. Ia akan percaya kebohongan menjadi kebenaran sehingga hampir mustahil mengonfrontasi pembohong patologis atas kebohongan mereka.

Seseorang yang secara konsisten berbohong kepada Anda adalah bentuk rasa tidak hormat, ini bukan seseorang yang patut dipercaya atau dijadikan teman sejati.

source & references:
Cara Mengenali Pembohong Kronis
Mythomania: Penyakit Suka Berbohong demi Pengakuan
Kerap Bercerita Bohong? Waspada Mythomania!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s