HAMKA: Otodidak yang memperoleh Honoris Causa

Buya Hamka ketika menerima gelar Doktor Honoris Causa dari Universiti Kebangsaan Malaysia pada tahun 1974 yang disampaikan oleh Perdana Menteri Malaysia ketika itu, Tun Abdul Razak.

Buya Hamka adalah tokoh ulama dan sastrawan yang menelurkan banyak karya tulis. Beliau juga pernah menjadi wartawan, politisi, aktivis dan dosen.

Mungkin contoh orang polymath (menguasai banyak bidang ilmu) adalah seperti beliau.

Karna banyak jasanya bagi masyarakat luas, beliau pun diberi gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Al-Azhar, Mesir dan Universiti Kebangsaan Malaysia. Beliau juga diberi gelar Profesor dari Universitas Prof. Dr. Moestopo.

Aku pikir gelar akademik hanya bisa diberikan pada seseorang yg berkutat dengan dunia akademik secara berjenjang atau produk perguruan tinggi saja.

Ternyata tidak…

Gelar dari universitas bisa dipersembahkan pada seorang yg memiliki keahlian yg mendalam dan bermanfaat bagi masyarakat luas, sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan dunia akademik atas ketokohan seseorang di dunia yang ia tekuni.

Buktinya… Buya Hamka yg menempuh pendidikan formal sampai kelas dua SD, bisa mendapatkan gelar Prof. Dr. Hamka. Tapi itu tentu saja wajar, mengingat luas dan dalamnya pengetahuan beliau. Dan banyaknya karya tulis yg beliau hasilkan.

Orang-orang bertalenta dan istimewa seperti beliau memang seharusnya dihargai oleh bangsanya sendiri.

Gelar Honoris Causa dapat diberikan bila seseorang telah dianggap berjasa dan atau berkarya luar biasa bagi ilmu pengetahuan dan umat manusia. (Wikipedia)

Saya salut pada universitas-universitas seperti itu, karena tidak membatasi penghargaan hanya pada lingkungan akademik… tapi juga pada orang-orang yang memang memberikan banyak kontribusi bagi kemajuan bangsa.

gelar-doktor

Tokoh lain di Indonesia yg memiliki banyak gelar Honoris Causa adalah Bung Karno. Di mana beliau memperoleh sekitar 26 gelar Doktor Honoris Causa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s