Tekanan bola mataku tinggi lagi

Jadi ceritanya, tanggal 11 Januari kemaren kepalaku pusing pas lg jalan2 di Tanah Abang sm sahabatku, Uut.

Biasanya klo kepalaku mendadak pusing, tensi/tekanan bola mataku naik.

Emang malam sebelumnya (tgl 10) aku juga susah tidur, malah browsing. Klo kepalaku tegang/ada yg dipikirin, emg suka susah tidur.

Jd pas ke Tanah Abang, aku malah tidur2an bentar di masjid buat ngilangin pusing. Trus bli jaket, krn aku ngerasa kedinginan. *msk angin kali

Trus lgsg naik taksi ke JEC (Jakarta Eye Center) Kedoya. Dan tekanan bola mataku yg sebelah kiri emg naik lagi, 21 mmHg. *normalnya antara 10-20 mmHg

Trus sm dokternya dikasih Timol. Krn ktnya ga tll tinggi tekanannya. Biasanya aku klo di Lampung dikasih Glauplus. Krn klo Timol krg keras, agak lama proses turunnya.

Sementara Glauplus pake 5 tube (1 tube per hari) biasanya sudah turun. Krn emg aku awalnya 21 mmHg, tp ntar meningkat. *cenderung naik, klo ga cpt diobatin.

Nah, krn biasa pk Glauplus. Dan kata dokternya ga parah. Trus aku pake Timol-nya ga rutin. Dan aku jg kyknya konsentrasinya pecah, mikirin hal lain.

Jd penyakit sendiri malah terabaikan. Padahal biasanya aku fokus mikirin penyakitku klo lg kambuh.

Trus dua minggu kemudian, atau seminggu yg lalu tgl 24 Januari… aku kontrol lg di dokter Lampung. Ternyata tekanan bola mataku jd 25,7 mmHg. Ya ampun, aku teledor… hrsnya abis cek ke dokter Jakarta, kontrol lg di dokter Lampung. *udah turun blm…?

Padahal aku nyimpen Glauplus di kulkas, yg sebenernya bisa aku pake klo ga yakin pake Timol. Jadi selama dua minggu tekananku tinggi…, kupikir makin turun. Hbs biasanya 5 hari doang udh turun tuh klo pk Glauplus.

Barusan, hbs cek tekanan bola mata lagi… alhamdulillah dah normal, 18 mmHg. Trus di-tes perimetri (lapang pandang) lagi, dan krn menurut dokter hasilnya makin parah… jd aku dikasih obat yg makin banyak macemnya.

Tipe glaukoma-ku adalah sudut terbuka, jd bukan mslh anatomi. Klo kt dokter di Lampung, mungkin aku stress atau susah tidur… kok, bs naik lagi? Emg iya sih, akhir2 ini emg srg browsing dan agak stress.

So, aku mulai ngurangi aktivitas dunia maya yg ga perlu2. Cuma pk aplikasi sosmed yg berguna aja.

*nulis ini pas msh di rumah sakit, abis ktm dokter dan nunggu obat

4 thoughts on “Tekanan bola mataku tinggi lagi

  1. I am twenty yo. I’ve got glaucoma since I was about 15 and done laser treatment at JEC. Sekarang saya masih tetap cek up, dan kadang kumat lagi tekanan bola mata tingginya. Dijaga kesehatannya ya kakak. Punya glaukoma di umur berapa ? Sudah pernah di laser ?

    • Aku kenanya tahun 2013, umur 28
      ga dilaser, paling jaga tekanannya tetap stabil
      ga minum kafein, olahraga
      kurangi baca buku, main hp atau pake laptop

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s