Why I stop using Goodreads?

Since I’ve had glaucoma, I try to reduce my reading activity.

Having goodreads account, akan terus menggodaku utk membaca lebih banyak buku.

Trus jg ga produktif, krn yg kukejar cuma kuantitas/jumlah buku yg udah kubaca dl waktu singkat. Bukannya karya yg bisa kuhasilkan dr ilmu yg kudapat dr buku itu.

Percuma ngisi otak dg byk buku, klo cuma masuk short term memory, trus abis itu lupa deh… isi buku itu ttg apa. Dan apa karya/perubahan apa yg bisa kuperbuat atau ilmu yg bermanfaat apa yg bisa kupraktekkan di dunia nyata.

Jd aku memutuskan, utk men-delete account goodreads-ku. Toh, sebagian besar isi dari buku2 itu aku jg udah lupa. Makanya skrg aku menekankan hya membaca sedikit buku, namun menuliskan (melalui blog) ttg pelajaran apa yg aku dpt dr membaca buku itu.

Jd orientasiku adlh membuat review/tulisan mengenai buku yg kubaca, sambil membagikan ilmunya ke org lain yg blm pernah membaca buku tersebut atau mencari info ttg tema buku itu.

Sebenernya dulu aku baca buku cuma buat ngisi waktu dan kekosongan aja, tp krn skrg mataku dah bermasalah… aku cari hobi lain yg ga ngeforsir mata. Aku  beralih ke musik, dengerin musik dan ngerekam2 suara gitu di soundcloud.

Cuma buat iseng2 aja, ngisi waktu dan buat diputer2 sdr. Buat ngeluarin hasrat pengen nyanyi aja. Walopun suka nyanyi, tp aku ga mau jd penyanyi. Soalnya ga suka tampil di depan umum, ga suka di-make up dan ga suka difoto2.

Buat happy2 aja, hobi… krn buatku menyanyi itu hobi bukan profesi. Aku lbh suka dunia pendidikan/ilmu pengetahuan dan dunia keagamaan. Krn di dunia itu aku merasa lbh tenang.

Dan juga hoby lain yg mulai aku tekuni itu travelling dan writing. Krn travelling bikin mata ngeliat jarak jauh, dan liat pemandangan seger di luar ruangan.

Writing lbh produktif drpd just reading. Krn reading, kita membaca karya orang. Tp writing membuat karya sendiri, tulisan sendiri.

Leave a Reply

