3 Days in Malaysia: Kuala Lumpur (Day II)

Day II : Masjid Jamek, Abdul Samad Building, Shri Mahamariamman Temple, KTM Old Railway Station, KTMB Headquarters

Hari ini, karena bangun agak siang dan krn sempet muter2 di stasiun LRT untuk cari terminal bis Pudu, krn rencana awalnya pgn ke Penang. *padahal waktunya ga banyak, dan akhirnya ga jadi…

Pelajaran: supaya plan yang dibuat realistis, sesuai dengan jumlah hari yang tersedia.

Daripada ngabisin waktu ke luar kota…, jadinya kita jalan2 di dalem kota Kuala Lumpur.

Pertama-tama kita mampir ke bangunan masjid unik di samping stasiun LRT, yang ternyata merupakan Masjid Jamek. Tempat ibadah dan sekaligus spot wisata sejarah. Bangunan ini memiliki ciri khas arsitektur mughal India.

Jalan beberapa menit di dekat masjid, ternyata sudah merupakan Dataran Merdeka. Di sana kita dapat melihat bangunan menyerupai istana seperti di dongeng-dongeng, indah banget…! Namanya Abdul Samad Building. Adikku seneng banget foto-foto di sana, ampe lama…

Setelah diingatkan bahwa obyek wisata lain masih banyak, baru ia mau beranjak.

Abis itu kita makan di FS Nasi Kandar, atas rekomendasi Bapak… krn dia langganan makan di sana.

Trus kita jalan lagi, tanpa Bapak. Krn Bapak merasa badannya kurang sehat, plus batuk-batuk. Dia memilih kembali ke hotel, untuk istirahat.

Kita nyari-nyari lokasi Shri Mahamariamman Temple di sekitar stasiun LRT Pasar Seni, dengan bantuan GPS dan nanya-nanya police officer.

Ternyata lokasinya dekat dengan Petaling Street…! Untuk masuk ke kuil itu, kita harus melepas sandal kita. Jangan kuatir, karena ada kios penitipan sandal di samping kuil.

Shri Mahamariamman Temple

interior Shri Mahamariamman Temple

Karena ujan, akhirnya aku beli payung 1 buah di lapak pedagang kaki lima.

Trus, berbekal nanya-nanya… akhirnya kita nyampe ke Old Railway Stasiun (stasiun lama) dengan berjalan kaki.

Berhadapan dengannya, adalah KTMB Headquarters. Untuk bisa menyaksikan kedua bangunan itu dengan jelas, kita memang harus menyeberang jalan ke bangunan di hadapannya.

Sementara Old Railway Station berwarna putih, KTMB Headquarters berwarna gelap.

Sebenarnya kami masih ingin lanjut ke Taman Anggrek di sekitar danau buatan, tp krn hujan turun deras. Akhirnya kami kembali lagi ke Pasar Seni, untuk melihat dan membeli beberapa cinderamata.

Dan ke Petaling Street lagi, krn Ibu ingin membelikan tas tangan untuk nenek (mertuanya).

Ternyata dengan insting petualangnya dan mengamati bangunan perkantoran HSBC di samping Masjid Jamek dapat dilihat dr kejauhan, adikku menemukan bahwa jarak daerah Pasar Seni ke Masjid Jamek itu dekat…, akhirnya kami berjalan kaki ke sana.

Setelah sholat maghrib di Masjid Jamek, kami menuju hotel utk istirahat.

Dalam perjalanan pulang kami sempat mampir rumah makan India Muslim bernama “President Restaurant Curry House”, untuk makan malam dan membungkuskan makanan untuk Bapak yang menunggu di hotel.

penjualnya memakai atribut muslim, seperti gamis dan peci…