HUMKO TUMSE PYAAR HAI: Love Cannot Lie

humko-tumse-pyaar-hai

Film ini adalah salah satu film India favoritku, yang menurutku romantis banget.

Durga (Amisha Patel) adalah seorang gadis buta yang cantik, ahli dalam membuat patung. Suatu saat ia nyaris jatuh ke jurang, karena kereta yang didorong adiknya lepas kendali. Seorang pemuda tampan menolongnya, Rohit (Arjun Rampal). Ia tidak memperkenalkan namanya, ia hanya meminta Durga memanggilnya Babu (“tuan”). Mereka berdua kemudian menjalin hubungan cinta. Meski Durga tidak dapat melihat wajah kekasihnya itu, tapi ia dapat membayangkan bentuk wajah Babu dengan meraba wajahnya, kemudian ia membuat patung yang serupa wajah Babu.

Durga ingin sekali dapat melihat wajah Babu, oleh karena itu Babu mengajaknya menemui Dokter Spesialis Mata, Dr. R.K. Prasad, untuk memperoleh tindakan operasi mata.

Saat Babu sedang mempersiapkan pernikahan dan rumah baru untuk mereka tinggali, ia diserang gerombolan penjahat yang mengincar Durga menjadi istrinya. Durga mampu melihat kembali, tapi ia begitu sedih dan ingin bunuh diri mengetahui kabar bahwa kekasihnya tewas. Dr. Prasad mengangkatnya sebagai anaknya sendiri, dan mengajaknya ke Swiss untuk menghibur Durga dan membangkitkan semangat hidupnya lagi.

Di Swiss, Durga berjumpa dengan Raj (Bobby Deol), seorang pemuda kaya raya yang juga sedang mengalami kesedihan. Raj menaruh perhatian pada Durga. Ia mengatakan pada Durga, bahwa bukan hanya dia saja yang menyimpan kesedihan, ia pun tengah berduka karena kehilangan sahabat kecilnya, yang ternyata adalah Rohit a.k.a. Babu. Akan tetapi Durga tidak menyadarinya saat melihat foto Raj dengan Rohit, karena ia tidak pernah melihat wajah Babu.

Durga pun setuju bertunangan dengan Raj. Saat itu Raj mendapat kabar bahwa Rohit ditemukan, ia sangat bahagia dan mengenalkannya pada Durga. Rohit sedih sekali, melihat kekasihnya akan menikah dengan sahabatnya. Rohit berusaha menghindari Durga dan berpura-pura tidak mengenalinya. Akan tetapi, walau tidak pernah mengetahui rupa Babu, Durga mampu mengenali lewat suaranya.

Dan saat Durga, tidak sengaja memegang wajah Rohit, ia ingat betul lekuk wajahnya, kemudian ia membuat kembali patung Babu berdasarkan ingatannya yang dulu. Rohit tidak bisa menyangkal lagi, tapi ia berpesan pada Durga agar mengingkari hubungan mereka, karena tidak ingin hati sahabatnya, Raj, hancur.

Dengan penuh kesedihan, Durga melanjutkan prosesi pernikahan. Dr. Prasad tidak tega melihat kedua kekasih itu patah hati. Ia kemudian memberitahukannya pada Raj, yang memiliki cara sendiri agar Durga dan Rohit mengaku bahwa mereka adalah sepasang kekasih.

Untuk menikmati film India, kita tak perlu mengandalkan logika, yang penting nikmati aja alur cerita dan emosinya. Bagaimana penjahat tiba-tiba bisa muncul dalam hidup Durga, dan kemudian lenyap lagi tanpa cerita. Bagaimana tokoh yang diduga telah tiada, eh kok bisa hidup kembali? Mirip sinetron Indonesia, banyak adegan dan  jalan cerita yang gak masuk akal…

Kesampingkan saja hal-hal tersebut, karena romantisme yang dibangun antara Durga dan Babu amat sangat menyesakkan jiwa. Chemistry mereka dapet banget! Ga kuat liat ekspresi Rohit, yang nyaris menangis melihat Durga kekasihnya, begitu berjumpa lagi malah akan menikah dengan orang lain, apalagi sahabatnya sendiri… *hiks

Scene wanita menangis itu biasa, tapi melihat lelaki harus menahan perasaan dan menyeka air matanya diam-diam, itu bikin terharu banget…

Ah, pokoknya aku nangis bombay nonton film ini! Dan satu lagi, Arjun Rampal ganteng bgt… 😉

3 thoughts on “HUMKO TUMSE PYAAR HAI: Love Cannot Lie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s