BEYOND THE SEA: Sebuah Film dari Hati

Somewhere beyond the sea…

Remember that song? Bobby Darin adalah pelantun lagu tersebut.

Film yang dibintangi dan disutradai Kevin Spacey ini menceritakan kisah hidup Bobby Darin dari kecil hingga dewasa. Sebagai refleksi dari Bobby Darin dewasa, ditampilkan sosok Bobby Darin kecil yang akan membantu mengurai latar belakang hidupnya.

Sejak kecil Bobby sudah terkena penyakit berat dan divonis hanya akan bertahan hingga umur 15 tahun. Ibunya menghiburnya dan mengenalkannya pada musik, yang kemudian mampu memberikan semangat hidup Bobby kecil. Ibunya menginginkan ia akan lebih besar dari Frank Sinatra nanti.

Bobby merintis karir dari nightclub ke nightclub hingga akhirnya dapat tampil di Copacabana, sebuah nightclub ternama yang hanya artis besar bisa tampil di sana seperti Frank Sinatra. Ia mampu memukau pengunjung dengan penampilannya yang atraktif dan interaktif.

Bobby pun mencoba karir sebagai aktor, dan bertemu wanita impiannya aktris Sandra Dee, di lokasi syuting film yang mereka bintangi. Cerita pun mengalir dengan kisah rumah tangga Bobby yang dihiasi riak-riak kecil. Hingga akhirnya Bobby memutuskan fokus dengan kehidupan berkeluarga untuk beberapa lama demi ketenangan rumah tangganya.

Saat Bobby mulai terjun ke bidang politik dan ikut membantu kampanye senator Robert Kennedy, identitas orang tua aslinya terkuak. Hal tersebut membuat Bobby terguncang dan sempat menyendiri beberapa lama.

Bobby kemudian mulai membuat lagu dengan tema perdamaian di tengah-tengah situasi politik yang panas, pembunuhan senator Robert Kennedy dan adanya perang Vietnam. Ia pun mulai kembali ke dunia panggung.

Semula caranya membawakan lagu tidak disukai pengunjung nightclub. Kemudian berkat pencerahan dari istrinya, ia kembali ke cara lama ia membawakan lagu. Ia kembali menarik perhatian pengunjung dan bersinar kembali.

Menurutku yang agak sedikit mengganggu adalah Kevin Spacey yang sudah terlihat tua, tapi memaksakan diri untuk memerankan Bobby Darin dari usia muda 20 tahun-an. Saat jatuh cinta dengan Sandra Dee pun terlihat usia dan penampilan mereka jauh berbeda dan kurang pantas bersanding.

Yang benar-benar memikatku dari awal hingga akhir adalah lagu-lagu dan koreografinya. Kevin Spacey lincah sekali bernyanyi, berekspresi di panggung dan menari dengan sepenuh hati.

Akting yang memikat juga ditampilkan oleh aktris Kate Bosworth dan pemeran Bobby kecil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s